Selasa, 24 Mei 2022

Bimtek di Donggo, HMS Serap Aspirasi Petani Jagung


Kabupaten Bima, Inside Pos,-


DPR RI III periode H. Muhammad Syafrudin, ST., MSI.,MM, menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan sosialisasi tanaman pangan Tahun 2022 di Kecamatan Donggo Kabupaten Bima, Selasa (24/05/2022). Pada kegiatan itu, Dewan fraksi PAN ini menyerap aspirasi masyarakat Donggo. Misalnya merosotnya harga jagung ditingkat petani.


Masyarakat Donggo pada umumnya mayoritas petani jagung. Diakui, tahun 2020 lalu komoditas jagung merupakan komoditas yang paling menggembirakan dikalangan petani di Bima secara keseluruhan. Meski harga pupuk, bibit, dan herbisida naik tajam. Namun, harga jagung ditingkat petani saat itu mampu menutupi biaya produksi. Sebut saja kisaran harga Rp 5000-5200 per kilogram.


Lain dengan tahun 2022 ini. Harga jagung ditingkat petani di Bima tidak stabil. Sejak bulan April kemarin, harga jagung terbilang memuaskan. Yakni Rp 5200 per Kilogram. Namun, dari hari ke hari harga jagung merosot tajam. Hingga bulan Mei tahun 2022 ini harga jagung turun Rp 3700 per Kilogram.


Kaitan itu, Anggota Dewan RI komisi IV Dapil NTB 1 pulau Sumbawa ini merespon keluhan masyarakat petani terkait turunnya harga jagung di Bima. Kata HMS, sapaan akrabnya, pihaknya akan bekerja sama dengan Bulog untuk mengakomodir kepentingan petani jagung. 


"Terimakasih sudah memberikan keluhan kepada saya. Saya akan bekerja semaksimal mungkin untuk para petani," tutur HMS saat berdialog langsung dengan petani jagung di Aula Kantor Camat Donggo di Desa O'o.


Pada kesempatan itu, HMS menyarankan masyarakat Donggo untuk tidak berlebihan dalam melakukan aktivitas bertani. Misalnya, membabat hutan berlebihan, membuka lahan baru di hutan lindung.


"Kita mesti sadar terhadap lingkungan dan alam. Hutan kita sudah gundul mengakibatkan banjir dimana-mana. Semua yang terjadi akan kembali kita. Karena itu kita tidak boleh berlebihan dalam melakukan aktivitas bertani," saran HMS.


Selain itu, Pompa Hidran di Desa Doridungga dan Desa Rora Kecamatan Donggo Kabupaten Bima, yang membutuhkan beberapa pipa untuk penyaluran air untuk kebutuhan dasar masyarakat setempat. HMS berjanji akan menunaikan permintaan masyarakat tersebut.


"Nanti saya akan koordinasi dengan Dandim," sebutnya.


Kegiatan dengan tema "Peningkatan kualitas mutu dan pemasaran hasil komoditas jagung" ini di hadiri oleh pemateri hebat dari Direktorat Kementrian pertanian, Kirtana Aska Brata. Camat Donggo Ardavis, Sos, Kapolsek Donggo Iptu Nazarudin, perwakilan Danramil Donggo Peltu Abubakar, relawan HMS, dan ratusan peserta.


#Tot

Tidak ada komentar:
Write komentar