Kamis, 26 September 2019

Pak Tolong... Rumah dan Ruko Warga Bima di Wamena Dibakar


Bima, Inside Pos,-
Konflik yang terjadi di Wamena Kabupaten Jayawijaya berimbas pada ratusan warga Bima yang tinggal disana. Bahkan puluhan Ruko milik warga Bima dibakar oleh oknum warga setempat. Beruntung saja mereka cepat  diselamatkan dirumah salah seorang anggota Polri asli Bima.

Kondisi terkini warga Bima di Wamena sangat memprihatikan. Sajauh ini belum ada upaya serius dari pemerintah daerah Bima Kabupaten maupun Kota dan Propinsi untuk mengevakuasi mereka.

"Ada sekitar 158 warga Bima di Wamena. Sekarang lagi mengamankan diri dirumah anggota Polri asal Bima" ujar Sahrudin, S.Pd Via Handphone, Kamis, 26/9 Pukul 20.00


Lanjut Alumni STKIP Bima ini, Sejumlah warga Bima di penampungan sudah banyak yang jatuh sakit. Terutama bayi dan anak-anak. Menurutnya, Kondisi tersebut sangat memprihatikan.

"Keamanan kami belum bisa dijamin saat ini kalau belum segera evakuasi. Kami minta kepada pemerintah agar secepatnya turun tangan," ucapnya


Kata Sahrudin, Bagi Etnis lain yang ada di Wamena sudah di evakuasi oleh Pemerintahnya ke wilayah yang aman. Hanya Entis Bima yang belum diperhatikan oleh pemerintah.

"Kami sudah lakukan komunikasi dengan pemerintah di Bima dan Propinsi NTB, tapi mereka tidak serius untuk lakukan evakuasi terhadap kami. Entah apa pertimbangan pemerintah membiarkan kami terlantar disini," Sorotnya


Jika dihitung merugian warga Bima di Wamena, diperkirakan mencapai milyaran rupiah. karena Ruko dan Rumah tempat tinggal mereka sudah hangus terbakar.

"Tolong Bupati, Walikota dan Gubernur Evakuasi kami secepatnya sebelum kondisi ini semakin buruk," tandasnya

Lanjutnya, Konflik di Wamena di Picu oleh ucapan rasis oleh salah seorang oknum guru SLTA kepada muridnya beberapa pekan lalu. Tak disangka, Ucapan Rasis dari guru yang diduga dari Batak itu direspon keras oleh warga asli Wamena.

#Pena Bumi

Tidak ada komentar:
Write komentar