Minggu, 15 November 2020

Polsek Soromandi dan Warga Selamatkan Penyu Raksasa Terdampar di Desa Sai


Bima, InsidePos,-


Seekor Penyu bertubuh besar jenis sisik hijau terdampar diperairan Desa Sai, Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima, ditemukan oleh warga setempat di pesisir laut So Propa Desa Sai tadi pagi, Senin 16/11.


Setelah melihat kondisi Penyu monster  tersebut dengan bobot sekitar 400 kg, Kasub Sektor Soromandi IPDA Zulkifli yang juga ketua Bima Drive. Memutuskan untuk melepaskan kembali Penyu tersebut di lokasi perairan Nangrove Dusun Sowa Desa Kananta. 


"Karena ditempat itu kami anggap terdapat banyak sumber makanan yang bisa dikonsumsi oleh Penyu," kata Kasub Sektor Soromandi, IPDA Zulkifli dihubungi via WhatsApp, Senin 16/11.


Dalam aksi penyelamatan Penyu ini melibatkan beberapa elemen. Selain Kasub Sektor Soromandi, juga Kepala Desa dan warga Sai Bersama Bhabinkamtibmas setempat, serta anggota Bima Drive, ikut terlibat.


"Alhamdulillah, aksi penyelamatan Penyu monster ini sudah berhasil kami lakukan dengan keterlibatan semua pihak," cetusnya


Untuk menjaga habitat laut, Subsektor Soromandi menghimbau kepada masyarakat  khususnya warga di pesisir. Agar terus menjaga laut dan biotanya dengan tidak membuang sampah plastik, limbah, dan bekas pukat.


"Yang paling penting adalah hindari penangkapan ikan dengan bom atau potasium. Sebab, barang-barang tersebut akan merusak habitat atau biota laut yang ada di laut kita soromandi. Mulai sejak dini mari sama-sama kita menjaga kelestarian laut untuk generasi penerus bangsa yang ada di wilayah pesisir," tandasnya.


#tot

Tidak ada komentar:
Write komentar