Selasa, 22 Juni 2021

Adakan Sosialisasi Daring, Diskominfostik Dan KOMPAK Bahas Pengembangan SID


Kabupaten Bima, Inside Pos,-


Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfostik) Kabupaten Bima didukung Program Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK) Senin (21/6/2021). Mengadakan sosialisasi secara Daring. Itu berdasarkan peraturan Bupati Bima No. 17 Tahun 2021. Tentang Pedoman Pengembangan Sistim Informasi Desa (SID) di Kabupaten Bima.


Peserta yang mengikuti kegiatan ini cukup banyak. Sosialisasi diikuti 

perwakilan OPD tingkat Kabupaten, Camat, Pembina Teknis Pemerintahan Desa (PTPD) , para Kepala Desa dan operator SID se-Kabupaten Bima. 

Pemandu sosialisasi, Muh. Ridho Makruf  memaparkan, sosialisasi ini  memiliki peran stragegis untuk pengembangan SID. Serta meningkatkan peran pihak pemerintah. Baik Desa, Camat, dan OPD terkait di tingkat kabupaten. Dalam hal pengelolaan dan pemanfaatan SID. Guna mendukung perbaikan tata kelola pemerintahan.  


“Pengembangan SID tidak hanya berdampak positif terhadap perbaikan tata kelola Desa. Namun memiliki potensi untuk berkontribusi terhadap perbaikan tata kelola data dan informasi ditingkat kabupaten. Dalam jangka panjang, SID dapat menjadi salah satu sumber data yang dapat diintegrasikan di tingkat kabupaten untuk mendukung terwujudnya "Bima Satu Data". Karena itu sosialisasi Perbup nomor 17 tahun 2021 ini penting dalam menumbuhkan  komitmen para pihak di kabupaten Bima”. paparnya.



District Coordinator KOMPAK, Asrullah Lukman menjelaskan, pilihan sosialiasi Daring ini dilakukan karena persoalan Covid-19. Kata Asrullah, cara ini tujuannya meningkatkan pemahaman para pihak di tingkat Desa, Kecamatan dan Kabupaten. 


"Tentu, ini tentang pengaturan pokok yang tertuang dalam Peraturan Bupati Bima nomor 17  tahun 2021 tentang Pedoman Pengembangan SID di Kabupaten Bima," jelas Asrullah.


Kegiatan Daring ini menampilkan secara panel empat orang narasumber dari Dinas Kominfostik dan Dinas PMD Kabupaten Bima. Topik yang diulas mencakup  Kebijakan pemerintah Daerah dalam Pengembangan Sistim Informasi Desa. Peran dan dukungan DPMDes Kabupaten Bima dalam rangka pengembangan SID. 


Selain itu, peran Diskominfotik dalam pengembangan SID, Juga Sosialisasi Perbup pedoman pengembangan SID, pembahasan pedoman pengembangan SID. Serta Diskusi  agenda strategis dan teknis pengembangan SID di Kabupaten Bima.


#tot

Tidak ada komentar: