Selasa, 27 Juli 2021

Prestasi Luar Biasa, STIE Bima Satu-satunya Kampus di NTB Jadi Duta di Program Wiradesa

 


Bima, Inside Pos,-

Kota Bima, -  Keren. Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima berhasil bersaing dalam kompetitor nasional dari berbagai Perguruan Tinggi (PT) Se-indonesia. Kampus STIE Bima menjadi satu-satunya PT di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) lolos di program wirausaha Desa (Wiradesa). 


Ketua STIE Bima Firdaus kepada media ini, Selasa, 27/7 membenarkan atas prestasi gemilang yang raih oleh kampus STIE Bima.  Bahkan Kepala LLDIKTI Wilayah VIII, I Nengah Dasi Astawa langsung menyampaikan ucapan selamat kepada STIE Bima.


“Hanya 5 perguruan tinggi di LLDIKTI Wilayah VIII yang lolos dan khusus di NTB kampus STIE Bima saja,” ujarnya bangga


Firdaus melanjutkan,  program Wiradesa selaras dengan visi besar Kampus STIE Bima, yaitu menciptakan wirausaha-wirausahan hebat yang mampu bersaing dimanapun dan kapanpun.


"Ini prestasi yang harus kita pertahankan. Kami terus mendorong dosen dan mahasiswa untuk terus memaksimalkan potensi yang ada, terutama dalam bidang entrepreneurship," terang Mantan Ketua HIPMI Kota Bima ini


Firdaus menambahkan, program Wiradesa pada esensinya sudah dilakukan pihaknya selama ini. Hanya saja dilakukan secara mandiri melalui program lembaga yang dia pimpin, belum terkoneksi melalui kerjasama dengan pemerintah daerah.


"Mudah-mudahan dengan program Wiradesa ini, dapat menjadi aplikasi teori yang dipelajari selama ini,”  tambahnya


Firdaus juga mengaku selama ini memang konsen dalam bidang entrepreneurship. Terbukti banyak pembinaan dan event entrepreneurship yang kami lakukan. Bisa dua sampai tiga kali setahun.


"Ini wujud nyata kami dalam membangun sumber daya manusia di NTB khusunya di Bima. 



Sementara itu, secara teknis disampaikan Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan STIE Bima Muhajirin mengaku hasil tersebut disampaikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) RI pada Jum'at, pada Jum'at, (23/07/2021) lalu.


"Dari seluruh jumlah PT se-Indonesia yang menjadi sasaran program Wiradesa Tahun 2021, hanya 81 PT yang diterima. Salah satunya kampus STIE Bima," terangnya Muhajirin.


Muhajirin mengatakan, pada persaingan kompetitor itu, Kelompok STIE Bima mengusung judul proposal pemberdayaan usaha generasi milenial pesisir dan istri nelayan berbasis aneka olahan ikan tuna untuk mewujudkan UMKM unggulan dan berkelas di Kelurahan Kolo, Kota Bima. 


"Proposal tersebut diajukan pada bulan Juni 2021 lalu, dengan dosen Pembimbing Nurul Huda," katanya.


Ia juga menyampaikan, program Wiradesa merupakan program pembinaan kewirausaha di desa. "Kegiatan itu dilaksanakan oleh mahasiwa yang tergabung dalam Organisasi kemahasiswaan (Ormawa) dengan satu orang dosen pembina," tuturnya.


Peserta wirausaha itu terdiri dari 5-10 mahasiswa. Karena dalam persyaratannya, tim wiradesa akan membina beberapa kelompok usaha yang ada di masing-masing desa yang dipilih.


"Awalnya, Tim dari STIE Bima mengirim 11 proposal yang diajukan pada program Wiradesa. Namun, pada proses seleksinya yang ketat, hanya 1 proposal saja yang lolos seleksi,"tutupnya


Pena Bumi


Tidak ada komentar: