Kamis, 21 Oktober 2021

Bukan Hanya Ajang Pencarian Bakat, La Hila Cup II Donggo Menjadi Ajang Keakraban Antar Masyarakat Daerah


Kabupaten Bima, Inside Pos,-


Turnamen Volly Ball La Hila Cup II Kecamatan Donggo, Kabupaten Bima NTB sukses dilaksanakan. Untuk kali ke dua turnamen ini dibuka. Pada tahun lalu, La Hila Cup I hanya menerima pendaftaran club dua wilayah. Yakni Kabupaten dan Kota Bima. Namun pada ajang bergengsi tahun 2021 ini,  la Hila Cup II menambah satu daerah untuk diterima pendaftaran. Yakni Kabupaten Dompu.


Sejak dibuka tertanggal 7 September hingga kemarin, Rabu 20 Oktober 2021 sebagai malam puncak turnamen. Perjalanan La  Hila Cup II Donggo diakui sangat fenomenal, fantastis, tanpa dinamika dan konflik. Ini membuktikan dukungan moral semua pihak di Kabupaten, Kota Bima dan Dompu dalam menghidupkan olahraga sangat tinggi. Setelah beberapa tahun Indonesia umumnya dilanda Covid-19 yang mengganas.

Penyerahan hadiah juar I staf khusus HMS ke Putra Mande Kota Bima.


Turnamen tingkat Desa se-kabupaten Kota Bima dan Dompu ini bukan hanya ajang pencarian bakat para atlet. Namun juga momentum silaturahmi masyarakat Bima dan Dompu. Ditengah daerah dihadapkan berbagai dinamika. La Hila Cup II menjadikan ajang "Harmonisasi dan Keakraban" masyarakat antar daerah.


Hal itu terbukti. Selama turnamen dibuka hingga malam penutupan tadi malam, la Hila Cup II Donggo yang dibuka Gerakan Muda Desa Kala (GPDeska) dan Karang Taruna Remaja Bhakti  berjalan mulus sesuai rencana. Itu tidak terlepas dari kerja keras panitia penyelenggara dan unsur lainnya. Namun yang paling penting adalah bentuk keramahan pelayanan tuan rumah Desa Kala, Kecamatan Donggo Kabupaten Bima dalam menjamu tamu patut diapresiasi.

Kepala SMAN 1 Donggo, serahkan piala juara II untuk putri Sambinae


Filosofi kesuksesan memang lahir dari kerja keras, kerja sama dan kesantunan. Hal ini menjadi kekuatan hingga turnamen Volly Ball La Hila Cup II Donggo terselenggara aman dan terkendali.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan La Hila Cup II ini. Dari awal hingga malam ini kegiatannya lancar tanpa ada kendala. Kesantunan masyarakatnya cukup luar biasa," kata Rosidah, suporter Mande Kota Bima diwawancara media ini usai pertandingan penutupan selesai, Rabu malam (20/10/2021).

Penyerahan hadiah untuk pemain favorit putri oleh dewan pengarah


Senada dengan itu, Daud, warga di Hu'u Dompu memberikan komentar positif terkait turnamen spektakuler ini. Dia mengatakan, meski club idolanya dari tempat dia asal telah gugur pada babak 16 besar. Daud mengaku, tetap datang menyaksikan turnamen Volly Ball La Hila Cup II hingga malam puncak.

"Bayangkan, saya dari jauh. Tapi tetap bersemangat datang ke La Hila Cup. Kesantunan pelayanan dan keamanan tuan rumah membuat saya betah menonton," katanya.


Disisi lain, Turnamen La Hila Cup II mampu mendongkrak ekonomi warga ditengah pandemi. Selama pertandingan berlangsung,  selain warga di Desa Kala, warga di Bolo pun meraup keuntungan banyak dari hasil jualannya. Bayangkan, satu kali pertandingan  para pedagang mampu mendapatkan 1 sampai 3 juta permalam. 

"Alhamdulillah, kami bisa mendapatkan pemasukan lumayan banyak dari kegiatan ini," tutur pedagang, Arubih.

Sejumlah elemen penting di Kota dan Kabupaten Bima yang turut hadiri partai puncak turnamen La Hila Cup


Pada partai puncak tadi malam, Rabu (20/10/2021) dihadiri orang-orang penting di Kabupaten dan Kota Bima. Yakni pemerintah Desa Kala, pemerintah camat Donggo, personil Polsek Donggo, Danramil Donggo dan personil, Kabid Dikpora Kabupaten Bima, kepala SMAN 1 Donggo, Dewan RI H Muhammad Syafruddin ST.,MM fraksi PAN yang diwakili staf khusus Daud Akbar, H Johan Rosihan ST fraksi PKS yang diwakili DPC Donggo, Sahrir Danuarta. DPR Dapil III, Rafidin, pemerintah kelurahan Mande serta pemerintah Kecamatan Mpunda.


Pada partai final tersebut mempertemukan dua club terbaik dari Kabupaten Bima dan Kota Bima. Yakni Mande putra vs Samili putra. Laga yang dinantikan itu, Danil dan kawan-kawan berhasil memenangkan pertandingan sangat mudah atas Samili putra, dengan skor 3-0. Atas kerja kerasnya, Mande Putra keluar sebagai juara 1, Samili Putra juara II. Sementara tiga bersama diraih Pandai putra dan Cenggu putar.

Penyerahan hadiah wasit terbaik oleh ketua panitia, Rudy Radiansyah.


Sementara putri, juara I diraih tim Pandai, juara II Sambinae Kota Bima. Sedangkan juar III bersama diraih Monggonao Kota Bima dan Kalampa. Untuk hadiah itu sendiri. Juara I putra senilai Rp 10 juta. Juara II Rp 5 juta dan juara III bersama Rp 4 juta. Putri juara I Rp 8 juta, juara II Rp 4 juta, dan juara III bersama Rp 3 juta. Juara 1 sampai III Pa dan Pi, masing-masing mendapatkan Uang tunai, piala dan penghargaan.


Tidak sampai disitu saja, Turnamen La Hila Cup II Donggo ini merilis pemain terbaik dan terfavorit, pelatih terkocak, wasit terbaik, dan penonton terbaik. Pemain terbaik putra diraih Arif Rahman (Mande Putra). Sementara terbaik Putri, Lilis Rahmawati (Pandai). Inilah nama-nama pemain terfavorit: putar, Sadikul Wahdin (Cenggu), Rozi (Samili). Putri, Lia Elisa (Kalampa) dan Siti Rahmawati (Sambinae Kota Bima).


#tot

Tidak ada komentar:
Write komentar