Selasa, 29 Agustus 2023

Program Dana Indonesiana, Kementerian Kebudayaan Gelar Acara Budaya Ntumbu Tuta di Destinasi Wadu Pa.a



Bima, Inside Pos,-

Kementerian Kebudayaan Pusat di Jakarta melakukan kegiatan pagelaran acara Ntumbu Tuta di Destinasi Wadu Pa.a Desa Kananta-Soromandi Kabupaten Bima. Giat nuasana adat dana budaya itu terlaksana sejak Mei-Agustus bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI ke 78. 

Dr. Khairul Ammar menjelaskan kegiatan itu merupakan program Dana Indonesiana. Acara yang berlangsung meriah itu dilakukan di dua lokasi yang berbeda. Yakni di Destinasi Pariwisata sejarah Wadupaa dan Aula Desa Kananta. 



Kata Ammar, kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian Kementerian Kebudayaan untuk mempromosikan khasanah budaya di Daerah Timur Bima-NTB. Tujuannya agar budaya lokal seperti Ntumbu Tuta (Adu Kepala) dapat dikenal secara luas di Nusantara maupun luar negeri.

"Antusiasme masyarakat sangat tinggi terhadap acara budaya seperti itu. Apalagi dilakukan di Destinasi Pariwisata sejarah Wadupaa," ujarnya 

Lanjut Doktor Olahraga ini, Kegiatan budaya juga sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat tentang kearifan lokal. Penting untuk dikenalkan. 

"Kita perlu memperhatikan budaya kita dengan serius. Kegiatan ini merupakan program andalan yang harus didukung dan dilestarikan," ujarnya. 

Tidak hanya itu, Ammar juga berharap, bahwa permainan tradisional ini menjadi kekuatan budaya Kabupaten Bima lebih khusus Wisata Budaya Desa kananta Kec. Soromandi Kab. Bima kedepan.

"Kegiatan budaya itu perlu bimbingan dan tempat pelatihan untuk generasi selanjutnya. Kami akan memikirkan secara serius agar khasanah budaya Bima tetap lestari sepanjang jaman," pungkasnya. 

#Pena Bumi

Tidak ada komentar: