Rabu, 16 Januari 2019

Camat Soromandi Diduga Gelapkan Anggaran MTQ Tahun 2018

Bima, Inside Pos,-

Tahun 2018 Pemerintah Kabupaten Bima telah gelontorkan sebanyak Rp. 20 juta dana hibah untuk kegiatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ). Anggaran itu diperuntukkan bagi seluruh Kecamatan. Namun, di Kecamatan Soromandi, kegiatan MTQ tingkat kecamatan belum dilaksanakan hingga saat ini.

Dugaan penyimpangan  dana MTQ oleh Camat Soromandi, Tajudin, S.sos terungkap setelah Dnl (Inesial), warga Soromandi mempertanyakan kegiatan MTQ Kecamatan Soromandi tahun 2018 tidak terlaksana. Padahal, biasanya setiap tahun, kegiatan keagamaan itu terus berlangsung. Namun setelah pergantian Camat, kegiatan MTQ tingkat kecamatan tidak pernah dilaksanakan.

"Apakah kegiatan MTQ ini sudah dihapus oleh pemerintah daerah.  Tapi kenapa di Kecamatan lain ada kegiatan MTQ Kecamatannya," katanya heran

Terkait itu, Dnl mencium ada aroma penyimpangan terkait MTQ. Bahkan ia mempertanyakan kepada sejumlah tokoh terkait hilangnya kegiatan keagamaan itu di Kecamatan Soromandi pada 2018 lalu.

"Saya meminta kepada rekan-rekan media untuk membantu menggali informasi terkait masalah MTQ yang tidak lagi meriah seperti tahu sebelumnya. Saya pikir ini langkah mundur Pemkab Bima untuk menciptakan generasi yang mencintai Islam dan Al-Qur'an," cetusnya

Sementara itu, Camat Soromandi, Sirajudin, S.Sos diwawancarai via handphone mengaku sudah melaksanakan kegiatan MTQ Kecamatan Tahun anggaran 2017  di Desa Wadukopa yang dilaksanakan pada tahun 2018. Sedangkan untuk tahun anggaran 2018 akan dilaksanakan pada tahun 2019 di Desa Sai pada Bulan Februari.

"Kita sudah laksanakan kegiatan itu di Desa Wadukopa, dihadiri oleh Asisten I dan hari kedua dihadiri oleh Bupati Bima," katanya

Ketika ditanya soal penggunaan anggaran 2017 ke 2018 apakah bisa dilaksanakan? Camat enggan menjawab dengan tegas. Justru mengalihkan pembicaraan jika dirinya sedang berada di Sumbawa dalam rangka operasi anaknya melahirkan.

"Nanti kalau terlaksana kegiatan MTQ di Desa Sai, saya akan undang media anda," jelasnya seraya menutup teleponnya tanpa ucapkan salam

Kasubag Kesra, Ahyani, S.Ag mengaku pada bulan April 2018, Camat Soromandi telah cairkan dana untuk kegiatan MTQ sebanyak Rp. 20 Juta.

"Pak Camat sendiri yang cairkan Anggaran itu," akunya

Menjawab pernyataan Camat Soromandi anggaran 2018 akan dilaksanakan pada 2019 menurutnya itu tidak pernah terjadi sebelumnya. Anggaran Rp. 20 juta tersebut khusus kegiatan MTQ tingkat kecamatan Tahun 2018.

"Setiap tahun anggaran MTQ punya dana tersendiri. selalu naik dari tahun ke tahun. untuk 2017 sebanyak Rp. 15 Juta " jelasnya

Untuk kasus di Soromandi pihaknya akan melakukan koordinasi dan mendalami penggunaan anggaran MTQ tingkat kecamatan itu.

"Nanti saya akan informasi perkembangan selanjutnya," pungkas pria kelahiran Kecamatan Wera ini.

#Ryan



Tidak ada komentar:
Write komentar