Kamis, 17 Januari 2019

P2KTD Dorong BUMDes Rancang Pelatihan Pemasaran Online dan Pemetaan Pasar

Bima, Inside Pos,-

Kecamatan Belo merupakan salah satu Kecamatan penting sebagai penyangga ekonomi wilayah Bima. Dibutuhkan suport dan dukungan agar peran masyarakat dalam membangun Kewirausahaan bisa berjalan cepat dan berkembang.

Untuk itu, Tim P2KTD (Penyedia Peningkatan Kapasitas Tekhnis Desa) Bidang Kewirausahaan Kab Bima, ditekankan untuk melakukan penetrasi pemahaman dan pencerahan bagi pengurus  BUMDes se-Kecamatan Belo. Hal ini dilakukan agar dalam waktu yang secepatnya dapat menciptakan produk yang layak dalam tataran pengemasan dan pemasaran.

Selasa kemarin (15/1), Julhaidin selaku Tim P2KTD Bidang Wirausaha kab Bima, menfasilitasi diskusi dan sharing dalam rangka mendorong upaya solutif agar BUMDes lebih kreatif, inovatif dan maju.  Tujuannya, agar  dalam menjalankan kegiatan pengelolaan usaha warga masyarakat desa dikecamatan Belo mampu dikembangkan.

" Saya menilai BUMDes Kecamatan Belo cukup paham dengan SDA diwilayahnya dan  cukup memahami potensi produksi masyarakat Desanya. Yang menjadi kendala adalah Prospek dan pemasaran sehingga cashflow usaha bisa berputar secara cepat dan positif" Ungkap Pria biasa disapa Rangga Babuju ini.

Hasil pendalaman persoalan di BUMDes kecamatan Belo lebih pada soal Pemasaran. Penting adanya pelatihan strategi pemasaran online, agar produk yang diinovasi dan dikemas oleh Bumdes dari masyarakat setempat dapat go nasional.

"Bawang merah sudah mulai di Inovasi menjadi Bawang Goreng kemasan. Ini didukung lantaran Kecamatan Belo salah satu kecamatan penghasil Bawang Merah cukup besar di Bima. Demikian pula dengan Tenun Motif Renda, sayur mayur, Panganan kering khas Bima serta komoditi mentah lainnya," Kata CEO Babuju Mandiri ini

Sementara itu, Ketua TPID Kecamatan Belo, Syahrimin, sangat antusias dengan rencana kegiatan Strategi Pemasaran Online dan Pemetaan Segmentasi pasar.

 "Kendala terbesar BUMDes se-kecamatan Belo ini adalah soal Pemasaran, sebab, selama ini pemasaran hanya bersifat lokalitas saja dan perputaran modal sangat lamban," ujarnya

Menurutnya, Pelatihan Strategi Pemasaran Online dan Pemetaan Segmentasi pasar bagi BUMDes di kecamatan Belo adalah solusi yang tepat untuk mendorong BUMDes terus menghasilkan dan menginovasi produk lokal desa.

"Rencana kegiatan sangat solutif dan dibutuhkan. Tentu saja harus terus dalam pendampingan Tim P2KTD agar terus dievaluasi dan berjalan dengan tepat. Kita pergunakan uang dari negara untuk program yang tepat agar  peningkatan kesejahteraan masyarakat desa terus berkembang," tuturnya

Kegiatan peningkatan Wirausaha dan Penguatan Manajemen Bagi BUMDes se-Kecamatan Belo kali ini ditutup dengan kesepakatan bersama untuk merancang Kegiatan Pelatihan Pemasaran Online dan Pemetaan pasar.

#Ryan

Tidak ada komentar: