Senin, 04 November 2019

TNI dan Polri Bersama Lakukan Penyuluhan Di Desa Lewintana


Bima, Inside Pos,-

TNI dan Polri laksanakan Giat Pembukaan Penyuluhan Kebangsaan, Pembinaan Narkoba dan Karhutla. Acara tersebut dalam Rangka Program Karya Bhakti TNI Bertempat di Kantor Desa Lewintana Kec. Soromandi, Senin, 4/11 pukul 08.30 wita.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, Pasiter Kodim/1608 Bima Kapten Inf. Nasyrudin, Danramil Donggo  Kapten Inf. Seninot. S, Kapolsubsektor Soromandi Ipda Muh. Sofyan H. S. Sos, Kepala Desa Lewintana Hidayat Nurdin, Kepala Pengelolaan Hutan Soromandi Dinas Kehutanan Prov. NTB Saifullah, Kepala Puskesmas Soromandi diwakili oleh Ahmad Hariyanto, S. Kep. Ners, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Lewintana, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama dan Tokoh Wanit.

Pasiter Kodim 1608 Bima Kapten Inf. Nasyrudin Dalam Sambutannya menyampaikan materi mengenai Wawasan Kebangsaan. Ia menuturkan pentingnya warga masyarakat Bima khususnya di Kecamatan Soromandi untuk menyiapkan diri dalam menghadapi masalah disekitar lingkungan. Baik soal yang berkaitan dengan sosial, budaya, pendidikan dan kesehatan. lebih-lebih soal keamanan yang mengancam keutuhan bangsa dan negara.

"Penyakit masyarakat harus kita berantas bersama. Generasi kita harus segera diselamatkan dari pergaulan bebas, Narkoba dan kejahatan yang membuat mereka terjerumus dalam persoalan hukum," paparnya

Lanjutnya, Tokoh masyarakat, Pemuda dan agama harus berperan aktif dalam mengamankan lingkungan sekitar. Jika ada potensi yang dinilai akan mengganggu ketertiban umum, maka segera lakukan koordinasi dengan Babinsa dan Babinkamtibmas.

"Babinsa dan Babinkamtibmas siap 24 Jam untuk ada dilingkungannya apabila ada informasi yang berpotensi konflik. Keberadaan mereka untuk mendeteksi awal dan menyelesaikannya secara hukum," cetusnya

Penyuluhan selanjutkan dilanjutkan Ka Pol Subsektor Soromandi, IPDA, Muh. Sofyan Hidayat, S.Sos. Perwira Polri ini sampaikan Materi Kamtibmas dan Penyuluhan Narkoba oleh Kapolsubsektor Soromandi. Ia Menjelaskan Pengertian Narkoba, Jenis Narkoba, Bahaya dan Efek Narkoba pada tubuh. Kapolsubsektor Soromandi juga menjelaskan cara peredaran Narkoba dari Bandar besar sampai kepada pengguna di tingkat bawah.

IPDA Sofyan Mengambil contoh dari Penangkapan Narkoba di wilayah Soromandi  beberapa waktu lalu, jikaengguna Narkoba sudah mengarah kepada pemuda produktif di Desa dan sudah berada pada Darurat Narkoba.

"Kami aparat penegak hukum mengajak kepada warga masyarakat untuk membantu mengawasi orang baru dilingkungan sekitar apalagi pendatang yang masuk ke Desa Lewintana dan tidak lupa mengawasi anak dengan melaksanakan pengawasan terhadap teman bergaul dan pengecekan pada kamar serta barang-barang pribadi milik anak," tutupnya

Penyampaian Materi Karhutla oleh Kepala Pengelolaan Hutan Soromandi Dinas Kehutanan Prov. NTB, Saifullah. Dengan isi materi Pembakaran Hutan dan Lahan. Setiap bentuk Kebakaran Hutan dan Lahan sudah di atur dalam Undang - undang serta tertuang dalam aturan hukum yang jelas. Karena apabila tidak di atur akan menimbulkan dampak yang buruk terhadap lingkungan seperti pencemaran udara akibat asap pembakaran Lahan. Akibat yang di timbulkan yaitu mengganggu kesehatan karena asap yang di timbulkan, Efek Pemanasan global, penurunan Efisiensi Air bawah tanah, dan Erosi.

"Mewakili Gubernur NTB, Saya mengajak masyarakat Soromandi Dalam pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan ini pemerintah tidak bisa bergerak sendiri dan harus ada bantuan arau partisipasi Masyarakat. Sampaikan ke kami apabila ada masyarakat yang melakukan pembakaran hutan di lahan tutupan negara," katanya

Dari Dikes Kabupaten Bima melalui Pegawai PKM Soromandi, Ahmad Hariyanto, S.Kep Ners menyampaikan Materi HIV/AIDS. Ia Jelaskan HIV/AIDS merupakan penyakit bahaya dan mematikan yang bisa ditularkan dengan Sex Bebas, Jarum Suntik, dan garis keturunan.

Lanjutnya HIV/AIDS memiliki tanda-tanda pada tubuh diawali dengan Diare Berkepanjangan, Batuk terus menerus, Demam, memiliki rasa kecemasan berlebihan, Sariawan berkepanjangan.

"Kami bangga, Untuk wilayah Soromandi sampai saat ini masih terpantau bebas dari HIV/AIDS. Saya juga mengajak kepada masyarakat untuk membantu petugas kesehatan yang turun ke Desa - desa untuk memeriksa dini kesehatan masyarakat yang dikhawatirkan terjangkit HIV/AIDS atau TBC," ajaknya

#Pena Bumi

Tidak ada komentar: