Senin, 04 November 2019

Perbaiki Sanitasi di Lewintana, Kodim 1608/Bima Gelar Jambanisasi


Bima,Inside Pos,-

Sanitasi atau Giat Jambanisasi menjadi bagian dari Target Program Milenium Development Gols (MDGs).   Program yang dicetus di Meja KTT PBB Tahun 2000 ini menjadi isu pembangunan nasional dalam upaya menangani penyelesaian terkait hal sangat  mendasar tentang pemenuhan hak asasi dan kebebasan manusia, perdamaian, keamanan, dan pembangunan.


Desa Lewintana Kecamatan Soromandi menjadi salah satu Desa yang beruntung mendapatkan perhatian program Jambanisasi melalui tangan dingin Kodim 1608/Bima. Warga Lewintana dari empat Dusun mendapatkan akses 20 Unit Jamban. Masing-masing Dusun mendapatkan jatah lima warga.

"Bantuan diberikan berdasarkan survey lapangan adanya warga yang kurang akses jamban di Lewintana. Tujuannya mendukung target besar Program MDGs di Indonesia," Ujar Dandim Bima, Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra kepada Inside Pos, Senin kemarin, 4/11

Bambang mengatakan, Kegiatan Jambanisasi di Desa Lewintana merupakan rangkaian dari Program Karya Bakti TNI 2019 di Bima. Termasuk kegiatan penyuluhan Kesehatan, Wawasan Kebangsaan, Bahaya HIV/AIDS, Narkotika dan Kejahatan lainnya yang mengancam keutuhan NKRI.

"Kita bantu Perumah. Kita data dulu warga yang memerlukan sebanyak 20 org. penerima manfaat, Dusun Lewintana, Dusun Pasir Putih (5 org), Dusun Lewi Dewa (5 org) dan Dusun Lewi Bada (5 org).

"Kami berharap agar warga Bima bisa mendapatkan akses hidup sehat dan tidak BAB sembarang tempat karena dapat mendatangkan penyakit," imbuhnya

Kepala Desa Lewintana, Hidayat sampaikan terima kasih kepada Kodim 1608/Bima atas bantuan untuk 20 warga. Ia mengaku banyak warganya yang membutuhkan Jamban disetiap rumahnya.

"Insyaallah, dengan kegiatan ini akan menyadarkan masyarakat lainnya untuk memperhatikan pentingnya jamban. Hidup sehat itu penting," ujarnya yakin

Lanjut Kades, Warga yang menerima manfaat program Jambanisasi dari TNI, diharapakan agar menjaga dan merawat kebersihannya. Menurutnya, membangun Jamban membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Penting sekali untuk dirawat Jamban.

"Jangan karena dibikin gratis, kita tidak merasa memilikinya. Warga harus mengapresiasi karya Kodim Bima dengan menjaga agar Jamban tetap bersih dan terawat," pungkasnya

#Pena Bumi



Tidak ada komentar:
Write komentar