Sabtu, 28 Maret 2020

Camat Donggo Minta Mahasiswa Dari Luar Daerah Lakukan Karantina Mandiri

Bima, Inside Pos,-

Menindak lanjuti instruksi Pemerintah Daerah (Pemda) lewat Pemerintah Camat, PKM Donggo melakukan langkah pencegahan penyebaran Wabah CoronaVirus yang diduga akan menular dari mahasiswa/mahasiswi yang sekolah luar kota kemudian kembali ke kampung halaman.

Ardavis, Ss. S,Sos selaku kepala Camat Donggo dikonfirmasi Via Hand Phone sabtu 28/3 membenarkan,  hal itu dilakukan sebagai upaya memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 yang begitu meresahkan masyarakat Donggo umumnya. Apalagi kepulangan mahasiswa/mahasiswi yang sekolah luar kota menjadi hal yang mencemaskan dikalangan masyarakat.

"Berdasarkan instruksi Bupati Bima, apabila ada mahasiswa yang pulang kampung maka harus dikarantina,"ujar Ardavis yang baru saja menjadi camat Donggo ini.

Dijelaskanya, mahasiswa/mahasiswi itu dikarantina secara mandiri dimasing-masing rumah. Tidak boleh ada sentuhan fisik sama siapapun termasuk orang tuanya. Apalagi keluar rumah sebelum waktu yang ditentukan.

"Jika ada yang keliaran, kami perintahkan Babinsa dan Babinkabtimas setempat yang akan mengkaratinanya," tegasnya.

Sementara Kepala Puskesmas Donggo Sri Hartati S. Kep.,Ns menyebutkan, penyemprotan Disinfectant dilakukan disejumlah titik. Meliputi kantor Camat Donggo, Kantor Desa, tiap-tiap Masjid, dan semua sekolah disemua Desa se_Kecamatan Donggo.

Penyemprotan Disinfectant itu lanjut Hartati, dibeberapa Desa telah usai. Diantaranya Desa O'o, Kala, Doridungga, Mpili, Mbawa, dan Rora. "Dan sekarang kami sedang berada di Desa Bumi Pajo dan Ndano Na'e," katanya lewat Via Heand Phone sabtu 28/3 seraya menambahkan.

"kegiatan ini tidak terlepas dari keterlibatan juga kerja sama lintas sektor. Antaranya Polsek Donggo, Koramil, perwakilan Babinsa dn Babinkantibmas serta Pemerintah Desa,"sebutnya.

Diakuinya, masyrakat menyambut baik kedatangan personil PKM Donggo ini. Selain melakukan penyemprotan, wanita yang akrab di sapa Tati ini menambahkan, pihaknya juga melakukan penyuluhan agar tetap dirumah, jaga jarak, sering berolahraga, dan sering mengkonsumsi obat-obat tradisional.

"Kami berharap, semoga masyarakat Donggo umumnya ta'at perintah pemerintah. Mari kita cegah bersama, waspada bersama, dan tuntaskan bersama,"harapnya.

#tot

Tidak ada komentar:
Write komentar