Selasa, 19 Januari 2021

BUMD Kelola Rumah Kemasan, Julhaidin Optimis Deviden Rp 1 Miliar Untuk Kota Bima

 



Kota Bima, Inside Pos,-


Tahun ini diyakini sebagai momentum UMKM Kota Bima akan naik kelas. Hal ini disampaikan oleh Walikota Bima, HM Lutfi, SE saat meresmikan Rumah Kemasan Kota Bima dikawasan Amahami, senin pagi kemarin (18/1).


Lutfi menerangkan,  selama ini Produk UMKM/IKM Kota Bima belum bisa maksimal menembus pasar Regional dan Nasional akibat Package (Kemasan Produk) yang masih kurang menarik. 


"Selama ini, Kita selalu kalah pada pandangan pertama (baca: kemasan produk), meski isinya berkualitas. Dan hal ini akan kita patahkan pandangan itu pada 2021 ini dengan mulai beroperasinya Rumah Kemasan kita" ujarnya


Lebih lanjut, Kader Golkar ini menyarankan agar terkelolanya Rumah Kemasan ini secara tepat dan profesional, maka akan dipihak ketigakan kepada BUMD Bima Aneka - Kota Bima. Ini salah satu terobosan kita dalam memetakan potensi pasar dan analisis keuntungan kedepannya.


"Kita harus selangkah lebih maju lagi. Mudah-mudahan Direktur BUMD dapat melihat peluang ini agar dijadikan tempat untuk mencitrakan Kota Bima berkemajuan," harapnya


Senada dengan Walikota Bima, Kadis Perindag Kota Bima sampaikan agar rumah kemasan untuk fokus melaksanakan kegiatan usaha. Ia memastikan,  Rumah Kemasan ini akan diberikan hak kelola kepada pihak ketiga dalam hal ini BUMD Bima Aneka milik Kota Bima, yang fokus pada bisnis dan penguatan ekonomi kreatif di Kota Bima ini.


"Saya titip harapan masyarakat Kota Bima kepada Direktur BUMD Kota Bima. Ini awal tahun yang tepat untuk melakukan hal-hal luar biasa," cetusnya


Sementara itu, Direktur BUMD Bima Aneka terpilih, Julhaidin, menerima amanah tersebut sebagai tantangan. Ia berjanji akan memberikan kontribusi pasti atas kepercayaan Pemerintah Kota Bima kepadanya.


"Ini tantangan dan akan saya buktikan bahwa dengan beroperasinya Rumah Kemasan yang akan kami kelola melalui peralatan-peralatan canggih ini. Saya akan  mendorong kompetisi kreatif para pelaku UMKM di Kota Bima" ungkap lelaki yang akrab disapa Rangga Babuju ini.


Rumah Kemasan Kota Bima dibangun dengan Dana DAK tahun 2017 dan alat-alat serta perlengkapan Produksi Rumah Kemasan melalui DAK Kota Bima 2020. Nilai 13 Unit alat Produksi dalam berbagai fungsi yang ada dalam rumah kemasan mencapai Rp 1,6 Miliar.


"Kami akan maksimalkan semua unit produksi dirumah Kemasan ini untuk memproduksi kebutuhan UMKM di Kota Bima.  Karena Rumah Kemasan Kota Bima ini adalah satu-satunya di Pulau Sumbawa, maka akan ikut mem-back up kebutuhan Kemasan se-pulau Sumbawa" Jelasnya


Untuk itu Rangga Babuju, Optimis dapat memberikan Kontribusi Deviden sebagai PAD Bagi Kota Bima sebesar Rp 1 Miliar ditahun 2021.


 "Kami sudah identifikasi kebutuhan berbagai jenis kemasan bagi UMKM di Kota dan Kab Bima yang dapat kami produksi dengan memanfaatkan alat yang ada. Makanya saya berani memastikan Deviden Rp 1 Miliar untuk PAD Kota Bima" cetusnya


Pria berambut gondrong ini memastikan Keberadaan BUMD Bima Aneka atau Perusda Kota Bima ini adalah guna mendorong pertumbuhan Ekonomi kreatif di Kota Bima pada khususnya. Meski fungsinya sebagai Perusahaan Profit Oriented, tetapi juga tidak melupakan perannya sebagai pendobrak bangkitnya UMKM di Kota Bima. 


"Fungsi BUMD ini adalah mengelola usaha secara profesional sebagaimana perusahaan pada umumnya. Tetapi juga kami tidak boleh lupa, bahwa kami harus berperan sebagai lembaga yang memudahkan usaha ekonomi kreatif yang terbangun di Kota Bima sehingga dapat bersaing secara kuantitas dan kualitas" pungkasnya


Pena Bumi

Tidak ada komentar:
Write komentar