Rabu, 17 Mei 2023

Bahas Isu Sosbud dan Keamanan, Dandim 1608/Bima Silaturahmi Dengan HMI Cabang Bima Kota Bima



Kota Bima, Inside Pos,-

Dandim 1608/Bima, Letkol Inf. Muhammad Zia Ulhaq, S. Sos menerima kunjungan silaturahmi Ketua HMI Cabang Bima beserta jajarannya di Makodim 1608/Bima, jalan Soekarno Hatta Kelurahan Sadia Kecamatan Mpunda Kota Bima, Rabu (17/5/2023).

Silaturahmi sekaligus pembahasan terkait program kerja prioritas HMI Cabang Bima yang dilakukan bertujuan untuk memperat tali silaturahmi antara Kodim 1608/Bima dan pengurus HMI Cabang Bima turut dihadiri Kasdim 1608/Bima Mayor Czi Edi Gustaman, Pasi Intel Kodim 1608/Bima Lettu Inf Arsyad.

Saat bincang-bincang bersama Dandim setempat, Ketua HMI Cabang Bima Fitrah memaparkan terkait program internal dan eksternal HMI Cabang Bima. 

Dijelaskannya, HMI berencana mengadakan program sekolah pimpinan seluruh Kader HMI Nusra, kemudian merancang program di sektor pertanian, lingkungan dan penigkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). 

"Di sektor pertanian yaitu tentang struktur Poktan yang sesuai dengan RDKK, maksudnya program dan bantuan apa saja yang dilakukan oleh dinas terkait. Maka dari itu perlu adanya pelatihan di sektor pertanian. Sedangkan program lingkungan itu adalah reboisasi lingkungan soal air dan hutan," katanya.

Sementara Dandim Letkol Inf Muhammad Zia Ulhaq, S. Sos sangat mendukung program internal dan eksternal HMI Cabang Bima. Ia mengatakan HMI adalah bagian dari dirinya dan mitra kerja Kodim 1608/Bima. 

"Harapan saya selaku Dandim, kalian bisa tampil di level Nasional maupun Internasional," ujarnya.

Diinstansi militer jelas Dandim, ada beberapa aspek yaitu ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan milkam/Hankam. Bila ingin hidup damai, aman, nyaman dan sejahtera, maka siapkan perang artinya segala sesuatu harus disiapkan untuk diri kita, agar kita yakin bahwa itu aman.

"HMI harus sehebat dari pada organisasi yang lain sehingga HMI diakui dimata Nasional. Jangan mainkan isu apabila masalah itu belum tentu benar, penting mencari dan mendalami akar permasalahannya lebih dulu. Bila perlu bentuk dan fungsikan intelijen sipil, agar bisa memperkuat struktur yang ada di dalam kader HMI," harapnya.

Pada intinya, HMI Cabang Bima dengan Kodim 1608/Bima harus terus menjalin hubungan baik secara internal guna menjaga keamanan dan kedaulatan negara.

#Pena Bumi

Tidak ada komentar: