Jumat, 19 April 2024

Datangi Kantor Dewan, Pemuda Woha Desak Perda Perubahan Status Desa Menjadi Kelurahan di Kecamatan Woha

 


Bima, Inside Pos,-

Sejumlah pemuda di Kecamatan Woha datangi kantor DPRD Kabupaten Bima, Kamis 18/4 kemarin. Mereka mendesak agar sejumlah desa dan ibukota Kabupaten Bima, Kecamatan Woha dinaikkan statusnya menjadi Kelurahan. 


Adhar, S.Ip menjelaskan jika sepatutnya Desa di Kecamatan Woha berubah status menjadi kelurahan. Ini merujuk pada aturan pemerintah pusat, jika Desa yang berada di Ibukota Pemerintah Daerah, harus dinaikkan statusnya menjadi Kelurahan. Menurutnya, ini sudah terjadi dibeberapa daerah. 

"Kami menilai legislatif dan eksekutif tidak serius untuk membicarakan soal perubahan status ini. Kami hadir disini, untuk mengingatkan kembali," ujarnya diruangan Sekretaris Dewan. 


Adhar menilai dengan dinaikkan status menjadi kelurahan, akan ada kemajuan signifikan terhadap desa di ibukota pemerintahan sekarang ini. Ia mengaku, Desa di Kecamatan Woha saat ini sangat tidak representatif sebagai daerah ibukota karena kurangnya infrastruktur yang mendukung. 

"Jalan banyak yang rusak, tata ruang tata wilayah yang amburadul apalagi kondisi lampu jalan yang tidak ada," paparnya


Tidak hanya itu, pemuda kritis ini mendorong agar secepatnya Perda Perubahan Status Desa menjadi Kelurahan harus segera dibahas secepatnya. Masyarakat Woha menantikan perubahan status itu. 

"Itu mimpi kami masyarakat Woha sejak dulu. Kami ingin lebih maju sebagai wilayah ibukota pemerintahan Kabupaten Bima," cetusnya 


Dalam kesempatan itu juga, Adhar juga meminta dewan untuk serius segera mendesak eksekusi agar beberapa Satker/Dinas yang masih ada di Kota Bima agar segera dipindahkan ke wilayah administratif Kabupaten Bima. 

"Beberapa Dinas ada di Kota Bima. Termasuk kantor DPRD. Kami meminta agar segera diproses pindah kewilayah administratif kita sendiri," pungkas. 


Anggota DPRD Kabupaten Bima, Firdaus, SH apresiasi kedatangan pemuda Woha. Ia berjanji akan meneruskan hasil diskusi dengan pemuda Woha ke Komisi I dan Ketua DPRD Kabupaten Bima. 


"Kami berterimakasih atas desakan ini. Tentunya kita akan membahas secara serius setingkat atas. Antara legislatif dan eksekutif terkait perubahan status desa menjadi kelurahan," ujarnya.


Dalam diskusi diruangan Sekretaris Dewan, Hadir pula Kasat Intelkam Polres Bima Kota, 

AKP, Made Wikerta Yasa dan anggota DPRD lainnya.



#Pena Bumi

Tidak ada komentar: