Rabu, 11 Maret 2020

Waspada Wabah Corona, Puskesmas Di Perintahkan Pasang Spanduk Dan Penyuluhan

Bima, Inside Pos,-

Dinas Kesehatan Kabupaten Bima  menggelar Rapat Koordinasi lintas sektor dan lintas program penanggulangan penyebaran wabah virus Corona di Kabupaten Bima, selasa 10/3 kemarin. Agenda yang bertempat di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Bima itu di hadiri oleh instansi terkait serta Kepala Puskesmas se_Kabupaten.

Rapat koordinasi itu bertujuan untuk Menindaklanjuti Surat Edaran Bupati Bima tanggal 6 Maret 2020 lalu, tentang kewaspadaan penyebaran virus Corona di wilayah Kabupaten Bima.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bima dr. H. Ganis Kristanto mengatakan, dalam rakor telah menyimpulkan beberapa poin penting. Yaitu, memastikan kesiapan semua sektor RSUD Bima. Antarannya, 4 kamar ruang isolasi, APD (alat pelindung diri), tenaga medis, serta mobil ambulans.

"Dengan kesiapan itu, semua Puskesmas wajib mensosialisasikan informasi soal wabah corona kepada masyarakat. Demikian halnya aparat Polri dan Tenaga dokter melakukan koordinasi internal,"paparnya.
           
Hal yang sama dilakukan KKP dan Bandara lanjut Ganis, Kantor Imigrasi juga Kepolisian, BPBD, Dinas Perhubungan, Peternakan, Dinas Sosial,RRI, Kominfo, Dikes dan Puskesmas, telah siap untuk mendukung juga bertindak sesuai Tupoksi bila ada kasus.
           
"Untuk mempermudah lintas komunikasi, maka harus membuat WhatsApp supaya informasi gampang didapat," ujarnya.
             
Pada kesempatan yang sama Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (PB2PL) Dikes Rifai S.Sos,. M.Ap menambahkan, Rakor tersebut juga memutuskan Pembentukan Tim Penanggulangan Covid 19 di Kabupaten Bima dengan SK  Bupati Bima.
           
"Puskesmas wajib melakukan penyuluhan tentang Covid 19 ini, supaya memanimalisir ketakutan dan kecemasan masyarakat. Di masing-masing wilayah juga Puskesmas terkait harus memasang spanduk dan Baliho," paparnya.
             
Rifai menambahkan, Hal itu dilakukan agar informasi Wabah Corona tidak mencemaskan dan meresahkan publik. "Juru bicara covid ini hanya satu pintu yaitu Kadis Kesehatan atau Kabid Pencegahan dan pengendalian penyakit (P2P) Dikes Kabupaten Bima," tambahnya.
             
Adapun tim yang di bentuk untuk penanggulangan Covid 19. Meliputi penasihat, Bupati, Wakil Bupati dan Sekda. Ketuai Tim Asisten I, Wakil Ketua l : Kadikes, Wakil Ketua ll : Kabag Kesra dan Sekretaris  : Kabid P2P Dikes Kabupaten Bima dengan anggota semua instansi terkait.

#tot

Tidak ada komentar:
Write komentar