Jumat, 12 Juni 2020

Sulit Akses Informasi Publik, Warga Desa Kawuwu Minta Pemerintah Bangun Tower Telkomsel

Bima, InsidePos,-

Sulitnya mengakses informasi publik membuat masyarakat Desa Kawuwu Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima  resah akan hal demikian. Betapa tidak, jaringan telkomsel di Desa setempat sama sekali tidak ada.

Untuk kebutuhan komunikasi, internet, bermedia sosial, masyarakat Kawuwu harus pergi ke Desa Ncera Kecamatan Belo baru bisa berinteraksi. Itupun harus menanggung resiko, pasalnya sudah beberapa motor masyarakat Kawuwu yang di rampok.

"Ingin berkomunikasi dengan saudara saudara di luar daerah maupun luar negeri, kami harus ke Ncera dulu baru dapat  jaringan Telkomsel. Sudah beberapa motor orang Kawuwu yang di rampok, bahkan Kemarin ada perempuan yang mau di perkosa pasca mencari jaringan malam-malam," kata Ardin, warga Kawuwu di konfirmasi via WatsApp, sabtu 13/6.

Sebelumnya kata dia, BTS mini XL yang di bangun oleh pemerintah Tahun 2017 lalu yang di tempatkan  di Dusun Kalemba Desa Kawuwu sampai hari ini tidak di pergunakan  karena warga mayoritas pemakai jaringan Telkomsel.

"BTS XL  yang di bangun itu sama sekali tidak berfungsi, yang kami butuh Telkomsel. Karena masyarakat Kawuwu mayoritas pemakai jaringan Telkomsel," ungkap mahasiswa STIH Muhammadiyah Bima itu.

Di jelaskannya, hari ini masyarakat Kawuwu di hadapkan dengan krisis jaringan seluler, apalagi internet. Belum lagi soal akses informasi publik di halangi dan terhambat. Belum lagi psikologis warga trauma di rampok bila mereka mencari jaringan di luar Desanya.

"Sangat sangat sulit untuk kami dapat akses informasi publik, sementara kami butuh itu untuk mengetahui bagaimana perkembangan info terbaru  dan sebagainya," keluhnya.

Ardin menilai, masyarakat Kawuwu tidak diperhatikan juga tidak di berikan kemerdekaan sebagaimana masyarakat yang ada di Desa-Desa yang lain di Kabupaten Bima. 

"kami pernah unjuk rasa di depan kantor Bupati Bima dalam rangka memperjuangkan tower itu, kami pulang dengan janji-janji manis Kadis Kominfo yang katanya akan di realisasikan bulan maret kemarin," bebernya.

Di tambahkannya, Bupati Bima harus berfikir keras terkait Desa kami yang masih terisolir dari jangkauan jaringan internet Telkomsel. 

"Atas nama masyarakat Desa Kawuwu, kami meminta dengan hormat kepada Ibu Bupati Bima beserta Dinas Kominfo agar melirik masyarakat Desa Kawuwu yang sampai saat ini masih melarat dalam mengakses informasi publik karena sulitnya akses jaringan," tandasnya.

#tot

Tidak ada komentar:
Write komentar