Kamis, 23 Juli 2020

Gelar Seminar Program Kerja, Mahasiswa KKN STIH Muhammadiyah Bima Posko Desa Kala Hadirkan Program Fisik Dan Non Fisik

Bima, InsidePos,-

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Muhammadiyah Bima angkatan ke XXX tahun 2020 Posko V Desa kala, menggelar seminar Program Kerja (Proker) di Aula Kantor Desa kala Kecamatan Donggo Kabupaten Bima, kamis 23/07.

Dalam agenda penetapan proker tersebut, Mahasiswa KKN menghadirkan beberapa elemen. Diantaranya, Kepala Desa setempat, Sekertaris Desa, Kepala Dusun, unsur BPD, Ketua Karang Taruna, Tokoh adat, dan beberapa orang masyarakat lainnya.

Ketua Posko, Muhammad Hayun dalam sambutanya memaparkan, selama mengabdi di Desa Kala, pihaknya telah merencanakan dua aitem program kerja meliputi, program fisik dan non fisik.

Dijelaskannya, program yang bersifat fisik itu meliputi, pembuatan papan perbatasan Desa, pengadaan papan nama dimasing-masing Dusun, memperbaiki jendela mesjid di Dusun Toke, penggalian pondasi Paud Takwah, menata pariwisata La Hila, penanaman pohon, pengecetan Masjid Ngande, dan pembersihan TPU.

Sedangkan program kerja yang bersifat non fisik lanjut Muhammad, melakukan sosialisasi hukum terhadap anak-anak pelajar dan remaja, mengedukasi masyarakat  terkait memutuskan penyebaran pendemi covid 19, serta melakukan diskusi publik dan kebudayaan.

"Semua program kerja ini kami canangkan berdasarkan hasil observasi kami mulai di Kantor Desa, tiap Dusun, tokoh masyarakat, dan lingkungan setempat,” paparnya.

Selain itu tambah Muhammad, beberapa program tambahan seperti Bakti Sosial (Baksos) salah satunya pengelolaan sampah. Ini juga akan menjadi program khusus bagi Mahasiswa KKN untuk masyarakat.

"Mengingat persoalan sampah dilingkungan Desa Kala ini kami melihat masih berserakan, melalui pengabdian ini Insya Allah kami akan upayakan semaksimal mungkin," tutupnya.

Pada waktu yang sama, Kepala Desa Kala Drs. Hajairin mengucapkan selamat datang secara resmi kepada Mahasiswa KKN STIH Muhammadiyah Bima. Ucapan itu langsung  disaksikan oleh semua tokoh-tokoh masyarakat dan perangkat Desa lainya.

Setelah memberikan ucapan selamat datang, Hajairin juga mengapresiasi atas kehadiran Mahasiswa KKN di Desanya. Ia berharap Mahasiswa tidak hanya merancang program kerja, namun mampu merealisasikan program-program kerjanya dalam bentuk wujud yang nyata.

"Selamat mengabdi, semoga semua prokernya mampu dijalankan sampai masa KKNnya berlaku," pintanya.

#tot

Tidak ada komentar:
Write komentar