Kamis, 16 Juli 2020

Kasihan, Bayi Prematur Ditelantarkan, Pokja Komnas Anak Bima Rawat ke BLUD Bima

Bima, InsidePos,-

Bayi prematur asal Desa Nggembe Dusun Jala Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, diduga ditelantarkan oleh orang tuanya. Dugaan itu diperkuat selama bayi Prematur tersebut dirawa ke BLUD Bima oleh Pokja Komnas Anak Bima, tidak satupun anggota keluarganya yang datang menjenguk.

"Hingga saat ini tidak ada satupun keluarga juga orang tua bayi yang datang jenguk. Kalaupun ibunya sakit, kan ada bapaknya," ujar Suryadin S. Pd.I  mewakili Pokja Komnas Anak Bima dikonfirmasi Via Watsaap, kamis 16/7.

Bayi prematur itu kata dia, awalnya dilahirkan di rumah orang tuanya pada hari rabu sekitar pukul 15.00 kemarin. Karena dilahirkan prematur, tetangga bayi langsung membawanya ke Puskesmas Bolo.

"Sekitar jam 12.00 dini hari, saya mendapat kabar dari Fadlin bahwa ada bayi prematur yang dibawa oleh tetangganya ke Puskesmas Bolo. Kabar itu Fadlin diberitahu langsung oleh istrinya yang juga tenaga medis di Puskesmas setempat. Tak lama kemudian saya dan Fadlin  menuju Puskesmas," bebernya.

Melihat kondisi bayi yang sangat memburuk, akhirnya pihak Pokja Komnas Anak Bima melalui Suryadin, membawa bayi prematur itu ke BLUD Bima melalui Ambulans kemudian dibantu oleh dua tenaga medis.

"Akhirnya bayi itu dirawat di Ruang NICU dengan berat badan bayi 1,3 Kg. Meskipun sebelumnya sempat mengalami kritis," ungkapnya.

Hingga hari ini lanjut dia, pihaknya belum tahu pasti nama orang tua bayi. Namun sebelumnya, pihaknya sudah koordinasi dengan Polsek Bolo sebelum bayi dibawa ke BLUD.

"Kami berharap agar orang tua bayi diproses secara hukum karena membiarkan bayi ini terlantar. Sebab, hingga hari ini hanya tetangganya saja yang menemani bayi, sementara orang tua dan keluarganya tidak nampak. Kami rasa ini ada unsur kesengajaan," tandasnya.

#tot

Tidak ada komentar:
Write komentar