Minggu, 16 Agustus 2020

Rayakan HUT RI Ke 75, KT Jaya Dan Mahasiswa KKN STKIP-TSB Meriakan Dengan Pawai Rimpu Tembe Nggoli

Bima, InsidePos,-


Merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke 75 tahun, Karang Taruna (KT) Jaya Desa Kananga Kecamatan Bolo bersama mahasiswa KKN Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu dan Pendidikan Taman Siswa Bima (STKIP-TSB) meriahkan dengan pawai "Rimpu Tembe Nggoli", Sabtu 16/8.


Dimulai sekitar pukul 15:00 wita, pawai keliling ini dilakukan di pemukiman Desa Kananga dengan melibatkan 500 peserta. Masing-masing memakai pakaian adat Bima yakni menggunakan rimpu "Tembe Nggoli". 


Sebelum pawai dilakukan. Kegiatan menyambut hari kemerdekaan RI ini dibuka resmi oleh Kepala Desa Kananga Firdaus S.pd, di Balai kantor Desa setempat. Dalam sambutannya, Firdaus mengapresiasi kegiatan positif ini. Menurut dia, kegiatan semacam ini harus dihidupkan.


"Untuk melekatkan jiwa nasionalisme kegiatan semacam ini harus selalu dihidupkan," ajaknya.


Pawai budaya ini kata dia, merupakan  kehormatan dan kebanggaan baginya. Menurutnya, merimpu adalah indentitas Bima yang harus dilestarikan.


"Saya sangat senang. Karena masyarakat Kananga hari ini sudah mau menjaga dan menunjukkan rasa cintanya pada indonesia khususnya Bima. Terimakasih juga kepada mahasiswa KKN STKIP-TSB dan KT Jaya sudah mengajak masyarakat untuk melekatkan jiwa nasionalisme pada masyarakat," apresiasinya.


Pada kesempatan yang sama, Ketua Posko KKN  Desa Kananga, Ramadhan menyampaikan, kegiatan memperingati HUT RI yang ke 75 tahun ini bukan hanya melakukan pawai Budaya, namun yang paling penting adalah kita menunjukkan rasa cinta terhadap negara lewat budaya.


"Semoga lewat momen ini kita makin cinta pada negara republik Indonesia dan kita makin cinta juga pada budaya-budaya Bima" pintanya.


Setelah kegiatan pawai budaya dilakukan, KT Jaya Kanananga bersama mahasiswa KKN STKIP-TSB mengadakan beberapa lomba. Meliputi, lomba lari karung, pukul balon, lari kelereng, kursi dangdut, taring tambang, panjang pinang. Gerak jalan indah kategori anak-anak, remaja, dan emak-emak.


#tot

Tidak ada komentar:
Write komentar