Kamis, 03 September 2020

Karena Covid-19, PBAK Kampus IAI Muhammadiyah Bima Digelar Hanya Dua Hari


Bima, InsidePos,-


Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Bima akan digelar pada tanggal 22-23 September tahun 2020 ini selama dua hari dengan tetap mematuhi protokol Covid-19.


"Sebenarnya tiga hari, Lagi-lagi karena pertimbangan Covid," kata Ketua pelaksana PBAK melalui wakil rektor III Bidang kemahasiswaan, Hendra M.Si, diwawancara diruangan kerjanya.


Digelarnya PBAK ini kata dia, berdasarkan Surat Edaran (SE) dari Kementrian Agama (Kemenag). Sebenarnya pihak kampus IAI Muhamadiyah Bima melaksanakan PBAK tanggal 24-25 Agustus kemarin. Karena intruksi Kemenag, jadwal PBAK diundur.


"Akhirnya kita ikuti surat edaran dari kemenag. Keputusannya kita tunda pada tanggal 22-23 September depan," ungkapnya.


Dalam proses pelaksanaan PBAK ini lanjut dia, pihaknya menggunakan dua opsi. Yakni menggunakan semi online dan manual juga tetap meperhatikan protokol kesehatan.


"Nanti kami akan bekerja sama dengan PKU Muhammadiyah untuk menyediakan tim kesehatan atau tim medis yang akan menyediakan Wastafel dan alat pemeriksaan suhu peserta," bebernya.


Untuk peserta mahasiswa PBAK yang baru terdaftar sekitar 340 mahasiswa. Sedangkan yang sudah melakukan registrasi baru 286. "Itupun nanti akan terus bertambah hingga H-2 pelaksanaan ospek nanti," katanya. 


Sementara materi pelaksanaan PBAK September nanti, masih seperti biasanya. Yakni tentang wawasan kebangsaan, penguatan ideologi, soal akademik ke muhammadiyah_an, pengenalan kampus, soal SDM, serta soal kemahasiswaan.


"Sebenarnya, jika kondisi normal pematerinya biasanya kami undang Kapolres, Dandim, pihak pengadilan serta pihak dari Badan Narkotika Kabupaten Bima (BNK)," sebutnya sembari menambahkan.


"Sedangkan semua UKM yang ada juga ikut memberikan materi sesuai durasi yang ditentukan," tutupnya.


Sebagai informasi, batas pendaftaran ulang mahasiswa baru IAI Muhammadiyah Bima tanggal 21 September mendatang dan dibuka kembali Oktober 2020.


#tot

Tidak ada komentar:
Write komentar