Senin, 07 Maret 2022

Kisah Sukses Zaitun MamaAzril, Jual Salome dan Bakso hingga Beli Mobil Mahal

 


Bima, Inside Pos,-

Nasib seseorang siapa yang tahu. Ini kisah nyata kehidupan anak desa yang sukses menjalani usaha Salome dan Bakso beromzet jutaan hingga puluhan juta rupiah sehari.  


Lahir di Desa Punti Kecamatan Soromandi, dari rahim ibu Nurmala Asal Desa Kananta, Zaitun (29) mendapat berkah hidup sukses setelah menikah di Desa Tente. Dari usaha yang digelutinya, ia bisa bisa membeli sepeda motor, mobil hingga membangun rumah di Soromandi. 


Awal usahanya dirintis dengan apa adanya. Sederhana sekali. Ia hanya memiliki modal ratusan ribu untuk bahan olahan salome. Saat dirintis, usahanya tidak berjalan mulus. Kadang harus utang agar bisa membeli bahan ketika dagangannya banyak tidak laku. 


Kondisi ini tidak membuatnya patah arang. Ibu muda ini terus melakukan inovasi untuk menarik perhatian pelanggan. Ia, nama usahanya, Zaitun MamaAzril. 


Usaha ini mulai cerah setelah hampir 8 bulan mengalami pasang surut. Racikan salomeya mulai diminati setelah viral di Dunia Maya Facebook.  Mulai dari pelanggan dari Bima-Dompu, Sumbawa, Lombok hingga warga Bima yang merantau di luar daerah. Laris manis. 


Omzetnya mulai berkembang. Dari ratusan ribu hingga puluhan juta. Zaitun mulai bisa cicilan dan menabung. Apa yang membuat Zaitun sukses sampai hingga sekarang? 


Ia menjawab,"Kuncinya kejujuran dan mau bersedekah," ujar mama azril 


Dari beberapa postingannya di Dunia Maya, memang Zaitun sering sekali membantu warga yang mengalami sakit keras maupun warga tidak mampu lainnya. Bahkan ketika membantu, ia tidak memperhitungkan berapa saja yang ia kasih. 


"Saya dikasih tahu sama orang tua jika mau sukses harus tetap menjalin silaturahmi dengan siapapun Lebih-lebih mengeluarkan sedekah," terangnya


Kata Zaitun, secara ekonomi ia tidak lagi mengalami hambatan yang berarti. Ia mengaku memiliki banyak pelanggan tetap tidak hanya di Bima tapi di Kabupaten Dompu juga.


"Saya kaget, dalam sehari saya bisa hasilkan jutaan hingga puluhan juta. Mungkin ini balasan Allah dari hikmah sedekah tadi," pintanya


Selain itu, Anak Bungsu dari pernikahan Ruslan dan Nurmala ini rencananya akan setor haji orang tuanya. Sejak dulu ia ingin sekali menunaikan niatnya. Namun orang tuanya belum siap. Zaitun disuruh bangun rumah sendiri dulu baru bisa orang tuanya ke Mekkah.


"Sebenarnya dari awal-awal omzet saya naik, saya sudah Niat setor haji orang tua tapi mereka tidak ridho ketika ia belum bangun rumah di Sorimandi. Setelah saya sudah mulai bangun pondasirumah, orang tua sudah agar setuju naik haji" kata Zaitun 


Diusia usahanya yang ke-3 ini, ia ingin membahagiakan keluarga kecilnya. Kesulitan masa kecilnya sebagai anak desa menjadi motivasi buat Zaitun terus maju.


"Doa orang tua terkabulkan. Meski bukan menjadi pegawai tapi saya bisa mendapatkan rejeki lewat usaha dan sedekah," tandasnya


Saat ini, ia sudah membuka satu cabang jual bakso di viral MamaAzril di wilayah wisata Panda. Ia sudah memiliki kurang lebih 8 karyawan tetap untuk membantu usahanya. 


"Saya udah kembangkan usaha saya menjual Bakso sejak 3 bulan. Jual salome juga tetap berjalan. Bakso Wajan milik saya banyak yang minat," pungkasnya



#Pena Bumi 






Tidak ada komentar:
Write komentar