Kamis, 09 Juni 2022

Deklarasi Pilkades Damai di Kabupaten Bima Menuju Pemilihan Berintegritas, Netral dan Kondusif

 


Bima, Inside Pos,-


Menjelang Pelaksanaan Pungut Hitung Suara Pemilihan Kepada Desa (Pilkades) Serentak Bergelombang Kab. Bima Tahun 2022, Panitia Pilkades Tingkat Kab. Bima, Forkopimda Kab. Bima, Kapolsek Polres Kota dan Kab. Bima, Jajaran Danramil 1608/Bima, Jajaran Kepala OPD, Camat, Ketua BPD dan Panitia Pilkades Se-Kab. Bima melaksanakan Deklarasi Pilkades Damai, Netral dan Lancar Kamis (09/06/2022) di Aula DPMDes Kab. Bima.


Pada Tahun 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima akan menggelar Pesta Demokrasi Pilkades di 57 Desa pada 18 Kecamatan, pelaksanaan Pungut Hitung suara digelar Rabu (06/07/2022) mendatang secara serentak.


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kab. Bima H. Putarman, S.E dalam sambutannya menyampaikan tujuan Deklarasi Damai ini agar penyelenggaraan Pilkades Serentak tahun 2022 di Kabupaten Bima dapat berjalan lancar, aman, Damai, kondusif dan demokratis. 



Putarman Berharap Cakades Bima Tahun 2022 melakukan sosialisasi dengan cara menebarkan kedamaian saat berinteraksi langsung dengan masyarakat.


"Jangan sampai proses Pilkada Justru menjadi alat membelah masyarakat yang akan menimbulkan konflik sosial," ujarnya


Tidak hanya itu, Pejabat kelahiran Donggo ini menyampaikan,  agar Cakades dan Tim sama-sama menjaga Kantibmas. 


"Jangan ada situasi yang berbau SARA dan Profokatif dalam kampanye Pilkades 2022. Karena cara-cara seperti itu menjadi sumbu perpecahan dan konflik ditengah masyarakat kita,"cetusnya 


Untuk diketahui, Pada kegiatan Deklarasi Damai,  Ketua Panitia Pilkades dan BPD secara bersama-sama berikrar. Peserta Serentak mengucapkan ikrar. 


1. Akan melaksanakan kegiatan penyelenggaraan Pilkades dalam Kab. Bima secara damai, netral, lancar dan profesional serta tidak memihak dan ataupun mendukung kepada salah satu calon kepala desa,


2. Akan melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai panitia Pilkades, BPD dengan sebaik-baiknya sesuai ketentuan undang-undang dan peraturan lain yang ada hubungannya dengan Pilkades.


3. Akan menegakkan Demokrasi dan keadilan dalam pelaksanaan Pilkades serta mengutamakan kepentingan negara, daerah dan desa dari pada kepentingan pribadi atau golongan.


Kegiatan Deklarasi oleh para Cakades di Aula BPMDes berjalan lancar dan sukses. 


#Pena Bumi 

Tidak ada komentar:
Write komentar